0264-361549 rspuriasih@yahoo.com





Bolehkah Mengkonsumsi Kopi Setelah Minum Obat?



Sahabat Puri.. Cara minum obat tiap orang berbeda-beda ada yang harus dengan buah  (Seperti Pisang, Pepaya), teh, susu, syrup bahkan kopi, Alasannya jelas karena rasa obat cenderung pahit namun bukan berarti minum obat degan teh, susu dan kopi diperbolehkan lhoo.. Dalam dunia medis ada istilah “interaksi obat” yaitu kondisi terjadinya perubahan efek obat akibat hadirnya asupan lain, seperti makanan, minuman, bahan herbal, dan perubahan lingkungan. Jadi, anda tidak boleh sembarangan minum obat, ada aturan yang harus dipatuhi agar khasiatnya optimal.

Alasan Tidak Boleh Konsumsi Obat Setelah Minum Kopi

Kafein dalam kopi bersifat stimulan untuk merangsang jantung dan otak agar bekerja lebih cepat dari biasanya. Sehinga banyak orang minum kopi agar tetap melek dan lebih fokus beraktivitas. Namun sebaiknya anda  tidak konsumsi obat setelah minum kopi, karena bisa mengganggu proses penyerapan obat dalam lambung dan usus halus. Jika dibiasakan, khasiat obat yang dikonsumsi menjadi kurang optimal. Langsung konsumsi obat setelah minum kopi juga bisa membuat jantung berdetak cepat. Kafein dalam kopi juga bertahan lebih lama di dalam tubuh dibanding zat yang terkandung dalam obat. Pada kasus yang parah, konsumsi obat setelah minum kopi juga bisa memicu terjadinya keracunan kafein akibat adanya interaksi antara obat dan kafein.

Beberapa obat yang sebaiknya tidak dikonsumsi setelah minum kopi, antara lain antidepresan, estrogen,  antihipertensi, pengencer darah, quinolone, serta obat-obatan untuk mengatasi gangguan tiroid dan osteoporosis.

Jadi, apa yang baik dikonsumsi saat minum obat? Jawabannya adalah air putih, bukan dengan kopi, teh, jus, susu, minuman bersoda, atau alcohol. Dengan demikian proses penyerapan obat dalam tubuh menjadi optimal, sehingga anda cepat sembuh tanpa efek samping.

Setelah kamu konsumsi kopi, sebaiknya tunggu 3-4 jam sebelum dan atau  minum obat. Atau, kamu bisa tanyakan langsung pada dokter atau apoteker terkait waktu yang aman untuk minum kopi sebelum atau setelah minum obat. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah aturan minum obat yang tertera pada label kemasan. Terutama jika kamu minum obat tanpa resep dokter yang banyak dijual di apotek atau pasaran. Pahami dosis dan waktu konsumsi obat. agarlebih jelas, berikut ini aturan minum obat yang tepat:

  • Baca dan ikuti petunjuk dokter dan apoteker
  • Tanyakan dokter dan   atau apoteker secara detail mengenai dosis, waktu konsumsi, dan efek samping yang mungkin ditimbulkan. Setiap obat memiliki sifat, cara kerja, efek samping, dan dampak yang berbeda-beda bagi setiap tubuh.
  • Baca informasi yang terdapat di label kemasan obat untuk memastikan tanggal kedaluwarsa, efek samping, interaksi, peringatan, dan hal lain yang perlu diwaspadai dari penggunaan obat.
  • Jangan berhenti minum obat tanpa sepengetahuan dokter karena bisa memperburuk gejala yang dialami.
  • Bicara pada dokter jika muncul gejala tertentu setelah minum obat atau kamu tidak merasa cocok dengan obat yang diresepkan.

Itulah alasan minum obat tidak disarankan dengan kopi. Jika  tiba-tiba muncul reaksi alergi setelah minum obat, segera bicara pada dokter untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan yang tepat.

Disusun Oleh admin Selasa,26 Maret 2024