0264-361549 rspuriasih@yahoo.com





Pentingnya Pemeriksaan Golongan Darah



Setiap orang tentu memiliki golongan darah yang berbeda-beda. Darah adalah komponen penting tubuh, sehingga setiap orang perlu mengetahui jenis golongan darah masing-masing. Mengetahui golongan darah yang dimiliki membantu tubuh tetap sehat, merencanakan masa depan, dan mencegah berbagai komplikasi.

Untuk mengetahui golongan darah, perlu mengunjungi rumah sakit bagian laboratorium untuk diambil sampel darah dan diuji. Golongan darah ditentukan oleh jenis antigen yang dimiliki sel darah merah tubuh. Terdapat dua sistem yang paling sering diterapkan untuk menetukan golongan darah, yaitu sistem ABO dan Rh.

Mengapa perlu mengetahui golongan darah....??


Mencegah respon berbahaya

Menerima donor yang tidak sesuai dengan golongan darah yang dimiliki menyebabkan komplikasi serius, seperti gagal ginjal yang membahayakan nyawa.

Memudahkan dokter dan tenaga medis lainya

Apabila mengalami keadaan gawat darurat, seperti kecelakaan hebat dan butuh tranfusi secepatnya.

Untuk membantu yang membutuhkan donor darah

Dengan mengetahui golongan darah, bisa membantu orang yang membutuhkan, entah itu saudara, teman ataupun orang lain. Beberapa kasus seperti kecelakaan, luka bakar, persalinan dan lain-lain.
Mencegah masalah kehamilan


Cek golongan darah anda untuk mengetahui potensi risiko sejak awal membantu untuk menentukan tindakan pencegahan dan rencana pengobatan yang sesuai.




Disusun Oleh admin Selasa,09 April 2024